Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan


Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar memiliki atau memenuhi permintaan di dalam iklan. Jika kalian cermati, bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap.

Selain mengandung fakta produk, iklan juga mengandung opini. Opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk. Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk. Ciri-ciri opini adalah disajikan dengan bahasa yang persuasif.


Berikut ini hal-hal yang merupakan fakta dalam iklan di atas.
1. Kamera 2,0 Mega Pixels.
2. 4 x perbesaran.
3. Wallpaper terinspirasi alam.
4. Multimedia (MP3 dan MP4).
5. Bluetooth A2DP.


Berikut ini hal-hal yang merupakan opini dalam iklan di atas.
Manjakan diri dalam harmoni warna alam dengan SEGA-CELL. Dengan sentuhan inspirasi unsur-unsur alam, SEGA-CELL diciptakan untuk mendekatkan Anda dengan ketenangan suasana, membebaskan diri dari kesibukan sehari-hari.


Setelah kalian memahami dan mencermati contoh-contoh fakta dan opini dalam teks iklan, sekarang perhatikan iklan berikut dengan saksama!


1. Carilah kalimat yang merupakan fakta pada iklan di atas!
2. Carilah kalimat yang merupakan opini pada iklan di atas!